EDGE Dan Jaringan Ponsel Pendahulunya Yang Melegenda

Posted by azisgamansya on


Saat ini, menggunakan ponsel untuk terhubung ke Internet dan layanan online lainnya merupakan suatu kebutuhan.

Sayangnya, kualitas layanan Internet yang kita terima dapat sangat bervariasi. Misalnya, beberapa negara memiliki jaringan telekomunikasi yang lebih maju daripada negara lain. Daerah terpencil di hutan belantara tidak memiliki kualitas cakupan yang sama dengan kota-kota besar.

Dan bahkan sesuatu yang sederhana seperti berada di dalam ruangan dapat memiliki efek yang signifikan terhadap sinyal yang kita terima.

Ponsel cerdas kita memungkinkan untuk mengetahui kekuatan jangkauan Internet seluler dengan menggunakan kode alfanumerik di dekat bilah sinyal. Jika Anda pernah melihat sesuatu seperti E atau EDGE pada notifikasi dilayar handphone anda, maka itulah yang sedang kita bicarakan.

Tapi apa arti kode itu? Teruskan membaca untuk mencari tahu sehingga tidak pernah bingung. sebelum kita memulai alangkah baiknya untuk mengetahui pendahulunya yaitu 2G

Pertama kali sinyal radio yang digunakan menjadi digital daripada analog adalah (1G), karena hal ini memberikan efisiensi spektrum yang lebih besar dan membantu ponsel dalam penetrasi pasar.

Jaringan ini hanya memiliki kecepatan maksimum 50 kilobit per detik, dan di sebagian besar Eropa dan Amerika Utara, jaringan 2G sekarang sedang dimatikan. Meskipun demikian, jaringan itu masih merupakan jaringan pilihan di sebagian besar negara berkembang seperti halnya di Indonesia.

2G pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 dan merupakan teknologi yang pada akhirnya memungkinkan layanan data seperti SMS dan MMS menjadi lebih produktif di ponsel pada dekade berikutnya.

Huruf E mewakili tingkat Data yang Ditingkatkan untuk jaringan GSM Evolution (atau EDGE). Jaringan ini mulai menyebar popularitasnya pada tahun 2003 dengan menawarkan kecepatan yang hampir tiga kali lebih cepat daripada pendahulunya.

Saat Ini EDGE mendukung kecepatan maksimum 217 kilobit per detik, jadi meskipun secara signifikan lebih cepat daripada kecepatan jaringan G, Kendati demikian anda masih akan kesulitan untuk menelusuri situs web modern atau menonton video YouTube dalam apa pun kecuali resolusi terendah.

Dikatakan, sekarang ada 604 jaringan EDGE di 213 negara, menjadikannya salah satu teknologi Internet seluler yang paling banyak digunakan di dunia. Itu adalah jaringan terakhir yang banyak digunakan sebelum 3G menjadi terkenal, sehingga sering disebut sebagai 2.75G.

Newest
You are reading the newest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar