Apakah itu Antutu Benchmark? Bagaimana Cara Kerjanya? Cek Ulasanya Berikut

Posted by azisgamansya on



Matabengkak.com, Benchmark merupakan suatu teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang baru. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan perangkat lunak maupun perangkat keras dengan percobaan yang sama. 
Antutu Benchmark merupakan aplikasi untuk pengetesan smartphone berbasis Android, IOS maupun Windows yang sudah sangat populer di jagad raya ini.

Cara Kerja AnTutu Benchmark,
Diperuntukan menilai performa suatu smartphone, AnTutu memiliki cara kerja yang lengkap. Aplikasi ini menilai suatu smartphone dengan membandingkan performa UX, RAM, CPU, serta GPU. Bukan hanya memberikan nilai dari hardware, tapi juga dari software yang dibekalkan.

- UX
Pada AnTuTu, bisa didapatkan skor UX atau User Experience. Lalu apakah artinya? UX dibagi menjadi dua macam skor, yaitu Multitask dan Runtime. Multitask memberikan penjelasan tentang seberapa baiknya sebuah device dapat mengerjakan lebih dari satu tugas. Sedangkan Runtime merepresentasikan seberapa baik Android Dalvik Runtime (ART) menjalankan suatu aplikasi. Jadi, jika Anda ingin skor Benchmark yang tinggi, gunakan perangkat Dual-Core atau lebih, untuk meningkatkan skor UX, dan akan berpengaruh pada skor keseluruhan.

- RAM
Perangkat Android menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk bekerja. Semakin besar ukuran dan cepat kinerja RAM, maka performa device juga akan semakin cepat. Skor RAM yang akan Anda dapatkan pada aplikasi Benchmark Android AnTuTu adalah skor yang mengindikasikan seberapa cepat performa RAM dari device kita.

- CPU
Central Processing Unit (CPU) adalah bagian terpenting dari perangkat Android Anda. Semakin cepat kinerja CPU, maka apapun yang akan dijalankan pada device akan berjalan semakin cepat. CPU yang cepat bisa dimanfaatkan untuk bermain game sesuai selera. Perhatikan skor CPU, maka itulah kemampuanya.

- GPU 
Jika ingin tahu lebih jauh seberapa bagus grafik device maka lihatlah pada Graphic Processing Unit (GPU). Pada AnTuTu, hasil tes Benchmark pada GPU akan dibagi menjadi dua, yaitu tes 2D dan 3D. Grafik 2D biasa digunakan apabila Anda memainkan game seperti Pixel Wizard Adventure. Grafik 3D akan bisa Anda temui saat memainkan pubg mobile yang menggunakan fungsi full 3D.

- MEMORY
Setiap smartphone dibekali dengan ukuran penyimpan yang berbeda-beda, semakin besar ukuran penyimpanan dan semakin tinggi kecepatan Read dan Writenya maka semakin bagus suatu ponsel. jika anda ingin melihat kualias memori langsung tekan bsaja bagian memori.Tentunya ukuran memori yang besar akan mempermudah kita dalam menyimpan file-file penting di android.
Intinya, bisa jadi 2 smartphone yang dibekali chipset dan RAM yang sama, tetapi skor AnTuTunya tidak sama karena bedanya OS, ROM, UI serta clockspeed dari CPU yang digunakan. Antutu memang tidak sempurna, dan bukan merupakan patokan satu-satunya untuk mengetahui performa suatu device. Maka dari itu jadikanlah aplikasi ini hanya sebagai gambaran saja, dan jangan terlalu berpatokan pada benchmark. Jika sudah faham, belilah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar